Gejala Lupus, Bagaimana ?

Gejala Lupus, Bagaimana ?

Gejala LupusPenyakit Lupus merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini setara dengan penyakit Kanker, banyak yang meningal dunia karena mengidap penyakit ini. Penyakit Lupus menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan, sehingga mengganggu kesehatan tubuh. Istilah lupus ini dalam bahasa latin Lupus adalah “anjing hutan”. Gejala Lupus yaitu apabila menyerang dada maka akan timbul rasa sakit sehingga menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan pada saat bernapas. Pada penderita penyakit ini awalnya seperti mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Terdapat bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, mengalami kerontokkan rambut, sering mengalami bengkak pada persendian dan sariawan serta merasakan panas dan rasa lelah yang berkepanjangan. Penyakit ini bukan hanya menyerang pada kulit, akan tetapi juga bisa menyerang hampir ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia.

Gejala Lupus, Bagaimana ?

Gejala Lupus, Bagaimana ?

Gejala lupus pada setiap odapus bisa berbeda-beda karena lupus merupakan penyakit yang pandai meniru dan multisistem. Biasanya gejala yang umum dirasakan oleh odapus merasa lelah atau badannya lemah,demam,bercak pada kulit,hb menurun,trombosit kurang,dan nyeri pada otot dan persendian ,kadangkala gejala lupus ini dapat diartikan dengan penyakit flu atau demam berdarah.
Lupus biasanya mengenai berbagai alat tubuh gejala lupus yang dirasakan antara lain :

  1. System otot dan tulang

Gejala lupus yang pertama yaitu Sakit pada sendi pada kedua sisi (kiri ataupun kanan) tanpa merusak sendi tersebut gejal ini sering menyerang bagian tangan ta, lutut dan pegelangan tangan.

2. Kulit dan rambut

Serangan pada kulit dan rambut 90% terjadi pada odapus , pada gejala lupus ini ditemukan seperti kemerahan pada wajah (butterfly rash) yang dicetuskan karena sinar matahari, selain itu juga terdapat serang discoid pada kulit ,rambut menjadi rontok dengan pengobatan yang baik insya allah serangan pada kulit dan rambut dapat dihilangkan/disembuhkan

3. Darah

Setengah penderita lupus mengidap anemia selain itu juga terdapat jumlah trombosit dan lekosit yang rendah dari pada orang sehat, hal ini menyebabkan pendarahan dan mudah terinfeksi

4. Mata

Kerusakan pada mata jarang didapati pada odapus kerusakan retina dapat terjadi karena akibat pengobatan lupus dengan menggunakan antimalaria (chloroquine) jika menggunakan obat yang demikian hendaklah teratur periksa ke dokter mata juga

5. Ginjal

Kerusakan ginjal didapati pada hampir separuh odapus jika kerusakan pada ginjal ini berat biasanya odapus memeriksakan urinnya secara berkala karena stadium awal pada gejala lupus ini ditandai adanya protein dalam urin . pengobatan yang diperlukan pengobatan imunosupresif

6. Jantung dan pembuluh darah

Kerusakan jantung dan pembuluh darah yang diderita odapus berupa cairan pada selaput jantung,vegetasi pada katup jantung ,perkapuran (atelrosklerosis)pada pembuluh darah dan nyeri pada ujung-ujung jari dan perubahan warna dari putih menjadi kebiruan jika terkena udara dingin dan emosi yang meningkat disebut dengan fenomena Reynaud.

7. Susunan saraf

15 % Gangguan otak,saraf dan kejiwaan didapati pada odapus, kelainana dapat berupa kejang-kejang ,kelemahan otot ,depresi,gelisah dan stroke.

8. Paru-paru

Sesak nafas yang dirasakan pada odapus dapat disebabkan karena adanya cairan pada selaput parunya dan juga karena akibat infeksi paru(pneumonia)

Gejala-gejala Penyakit Lupus, diantaranya :

  • Gejala lupus umumnya adalah penderita akan sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal.
  • Timbulnya gangguan pada pencernaan dan pada kulit sang penderita akan mudah gosong akibat terkena sinar matahari.
  • Penderita akan mengalami anemia, karena sel-sel darah merah akan hancur apabila mengidap penyakit ini.
  • Pada kulit penderita akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Dan ruam merah yang hampir menyerupai cakram dapat muncul di kulit pada seluruh bagian tubuh.

Untuk gejala lupus pada tahap berikutnya, diantaranya pasien akan mengalami bercak merah, pasien mengalami kejang, sakit kepala, bahkan pasien bisa mengalami stroke bila terkena penyakit lupus ini, dan pasien juga akan mengalami keguguran pada ibu hamil.

Nah untuk itu marilah kita jaga kesehatan tubuh kita, dan waspada pada gejala lupus ini jangan sampai terkena penyakit lupus yang mengerikan ini, biasakan untuk hidup sehat dan bersih, karena itu akan menjauhkan kita dari segala macam penyakit.

Gejala Lupus, Bagaimana ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*