Gejala Lupus – Kenali untuk Penanggulangan yang Tepat!

Gejala Lupus – Kenali untuk Penanggulangan yang Tepat!

 

 

 

Gejala Lupus. Mengenal gejala Lupus dan penyebab penyakit Lupus. Lupus bukanlah sebuah cerita drama mengenai remaja yang populer di tahunnya, melainkan sebuah penyakit setara dengan penyakit kanker. Beberapa waktu yang lalu, Lupus merupakan sebuah penyakit yang belum terlalu dikenal, tapi dengan seiring berjalannya waktu, Lupus tumbuh bagai sebuah jamur yang merambah dengan begitu cepatnya di berbagai tempat. Dalam istilah sederhana, seseorang dapat dikatakan menderita penyakit Lupus Erythematosus ketika tubuhnya menjadi alergi dengan dirinya sendiri. Lupus yang memiliki istilah dari bahasa Latin yang berarti serigala, memiliki tanda berupa butterfly rash atau ruam murah yang berbentuk kupu-kupu di pipi yang serupa dengan pipi serigala, tetapi berwarna putih.

Penyakit dan gejala Lupus yang menyerang jaringan ikat dan pembuluh darah memiliki dampak yang sangat luas meliputi berbagai organ tubuh. Banyak hal yang masih belum dipahami dengan benar mengenai penyakit Lupus ini, terutama dalam hal mengenali gejala, pencegahan serta pengobatannya. Berikut ini, gejala Lupus dan tanda-tandanya bisa diketahui sehingga dapat mencegah dampak kerusakan yang diakibatkan dari penyakit Lupus ini.

Kategori Gejala Lupus

Gejala Lupus dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Lupus Eritematosus Sistemik (LES/SLE) dan Lupus Erimatosus Diskoid (LED). LES yang sesuai dengan namanya, yaitu “sistemik” dapat menyerang seluruh organ tubuh, terutama organ dalam (otot, ginjal, hati, jantung dan lainnya) dan persendian, 50% penderita justru mengalami nefritis atau radang ginjal. Pada umumnya jenis ini termasuk yang akut dan dapat berakibat fatal. Sedangkan LED terbatas menyerang kulit dan agak jarang pada mukosa. LES lebih banyak memberikan dampak kelainan pada mukosa, sedangkan LED memberikan dampak kelainan yang dominan pada kulit.

gejala lupus

gejala lupus

Tergolong penyakit auto-imun, yaitu reaksi imunologis yang merusak jaringan ikat kulit, mukosa dan juga pembuluh darah, gejala Lupus memiliki faktor infeksi (virus), faktor hormonal, trauma fisik, faktor lingkungan yang ekstrim, seperti suhu ekstrim dingin atau panas), sinar matahari (ultra violet), faktor stres (fisik/emosional) dan genetic atau keturunan. Riset membuktikan bahwa serum darah pada penderita LES terdapat faktor-faktor yang dapat meningkatkan produksi oksigen-radikal. Beberapa observasi terhadap penderita Lupus membuktikan ternyata Omega 3 dapat mengurangi inflamasi (peradangan).

Masing-masing jenis penyakit Lupus ini memiliki gejala lupus yang berbeda satu sama lain. LES memiliki kelainan pada organ tubuh lainnya, seperti organ dalam (liver dan ginjal), otot, sendi, selain pada kulit dan mukosa, bahkan disertai gejala-gejala konstitusi (demam, lelah, berat badan menurun, dan lainnya). Gejala lupus pada kulit sering berupa bercak-bercak yang berbentuk simetris dan berbatas jelas (seperti sebuah pulau), timbul/meninggi (hipertrofi), kemerahan (eritema), dan akhirnya akan meninggalkan bekas cacat pada kulit berupa jaringan parut (sikatriks) yang menipis (atrofi), disertai kulit yang kasar dan kecoklatan dan pada beberapa bagian yang lain justru berwarna putih tidak berpigmen (vitiligo). Lupus juga memiliki dampak yang berat terhadap kulit kepala yang bisa menyebabkan kerusakan pada akar rambut dengan akibat kebotakan yang permanen. Pada bagian hidung, jaringan parut yang terbentuk menyebabkan hidung menjadi tertarik sedemikian rupa sehingga menyerupai paruh burung kakak tua. Di telinga, bisa menimbulkan perubahan bentuk (distorsi). Untuk kelainan pada mukosa, seperti bibir, hidung di bagian dalam, alat kelamin dapat menimbulkan tukak (ulkus) membentuk jaringan parut.

Namun pada umumnya, terdapat beberapa gejala lupus yang paling sering dijumpai:

  • Pegal sendi dengan mengalami pembengkakan
  • Gejala lupus ditandai dengan kelelahan yang berlebihan
  • Muncul ruam-ruam pada bagian tertentu yang tidak dapat dijelaskan
  • Muncul ruam-ruam yang akhirnya beralih ke luka, sehingga terjadilah bekas luka
  • Ruam berbentuk kupu-kupu di bagian hidung dan pipi
  • Anemia atau kekurangan darah
  • Radang selaput dada (penderita mengalami nyeri di dada saat menarik napas)
  • Borok di dalam mulut dan hidung
  • Cardiopulmonary atau gangguan terhadap jantung dan paru-paru merupakan salah satu gejala lupus.

Dewasa ini, orang-orang dengan penyakit lupus semakin banyak ditemui. Ada banyak orang yang mempunyai penyakit lupus bertahun-tahun serta belum menemukan solusi kesembuhan yang tepat. Oleh karena itu, kami menyarankan kepada anda untuk segera mengkonsumsi slutena, sebuah oat herbal serta alami yang mampu memberikan kesembuhan bagi penderita penyakit lupus.

Slutena merupakan salah satu obat yang telah terbukti ampuh serta merupakan solusi terbaik saat ini. Silakan anda pesan sekarang juga dan hilangkan rasa takut pada penyakit lupus tersebut.

Gejala Lupus – Kenali untuk Penanggulangan yang Tepat!

This entry was posted in Gejala Lupus and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>