was successfully added to your cart.

Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak

By July 10, 2018 February 14th, 2019 Uncategorized
Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak

Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak

 

Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak – Lupus merupakan salah satu jenis penyakit inflamasi kronis yang muncul karena sistem kekebalan tubuh keliru dan justru melakukan penyerangan terhadap tubuh serta organ tubuh penderitanya. Inflamasi yang ditimbulkan oleh penyakit lupus dapat menyerang beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, darah, paru-paru, dan juga jantung. Penyakit lupus juga sering disebut dengan lupus eritematosus sistemik.

Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak

Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak

Penyakit lupus bisa menimpa siapa saja, terutama anak kecil. Penyakit seribu wajah yang mematikan ini hingga sekarang belum ditemukan obatnya. Meski begitu, penyakit lupus bisa dikendalikan, terutama jika dideteksi secara dini.

Pengobatan lupus harus segera dilakukan untuk mencegah munculnya gejala yang lebih berbahaya. Sampai saat ini, mengusahakan pasien untuk sembuh total dari penyakit lupus maupun penularan penyakit lupus masih merupakan hal yang sulit.

Penyebab Lupus

Beberapa hal yang sangat mendasar pada penderita lupus adalah penyebabnya diluar batas kemampuannya. Seperti terlahir menjadi perempuan karena perempuan lebih banyak menderita lupus ketimbang laki laki kemudian menjadi ras tertentu Afrika, Asia, orang Latin, dan penduduk asli Amerika lebih mungkin untuk mendapatkan lupus dibandingkan orang kulit putih, ataupun memiliki gen atau gen yang membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan lupus (sekitar 10% dari orang dengan lupus memiliki anggota keluarga dengan penyakit). Begitu juga pada anak-anak kemungkinan lupus disebabkan karena beberapa faktor tersebut.

Adapun gejala lupus eritematosus sistemik pada anak yaitu :

  1. Nampak Butterfly Rash Pada Bagian Wajah

Butterfly rash adalah gejala lupus yang memiliki bentuk layaknya kupu-kupu. Penderita penyakit lupus biasanya memiliki ciri-ciri gejala pada wajah yaitu bintik-bintik berwarna merah yang hampir sama bentuknya dengan kupu-kupu.

  1. Sendi Membengkak

Salah satu gejala penyakit lupus pada anak adalah mengalami sendi yang kaku, ketika hendak diperiksa sendi tersebut akan nampak berwarna merah selain itu juga terjadi pembengkakan.

  1. Sariawan

Gejala lupus yang dialami oleh seorang yang menderita penyakit lupus adalah mengalami sariawan. Namun sariawan yang dialami oleh penderita biasanya tidak terasa sakit. Gejala sariawan ini biasanya terletak dilangit-langit lidah, dipinggir lidah atau bahkan bisa juga dialami dalam hidung.

  1. Terjadi Peradangan Pada Jantung Dan Paru-Paru

Meskipun peradangan dialami oleh penderita penyakit lupus pada jantung dan juga paru-paru namun biasanya tidak mempengaruhi kinerja pada organ-organ tersebut.

  1. Tidak Normalnya Air Seni

Ketika seseorang menderita sakit lupus biasanya kinerja ginjal tidak terlalu baik yang pada akhirnya ginjal tidak sempurna ketika menyaring protein yang dihasilkan tubuh sehingga beberapa unsur seperti protein dan juga sel darah hilang.

  1. Gangguan Mental

Perasaan cemas dan juga depresi adalah salah satu gejala lupus yang dirasakan pada seseorang yang menderita sakit lupus. Meskipun gangguan mental ini bukan merupakan hal yang begitu parah.

  1. Kurang Darah Atau Animea

Biasanya pada seseorang yang menderita penyakit lupus akan semakin memburuk apalagi pada wanita jika wanita itu sedang mengalami mentruasi maka akan semakin memperburuk keadaan penderita tersebut. Pada seseorang yang menderita lupus hemolytic animea merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut gejala kurng darah tersebut.

  1. Susunan Saraf

Gangguan otak, saraf dan kejiwaan didapati pada 15% penderita lupus. Kelainan dapat berupa kejang, kelemahan otot, depresi, gelisah dan stroke.

  1. Paru

Sesak nafas yang dirasakan pada penderita lupus dapat disebabkan oleh adanya cairan pada selaput paru dan juga akibat infeksi paru (pnemonia).

  1. Mata

Kerusakan mata jarang didapati pada penderita lupus. Kerusakan retina dapat terjadi akibat pengobatan lupus dengan menggunakan obat anti malaria (Chloroquine). Jika menggunakan obat sejenis ini maka diperlukan kontrol yang teratur ke dokter mata.

  1. Kulit DNA Rambut

Keterlibatan kulit terjadi 90% pada penderita lupus. Ini merupakan gejala lupus sistemik. Secara klasik dapat ditemukan kemerahan pada wajah (malar rash) yang dicetuskan oleh paparan sinar matahari. Selain itu juga didapati lesi diskoid pada kulit. Rambut terutama pada dahi menjadi rontok. Lesi kulit dan rambut dapat dihilangkan dengan pengobatan yang baik

Gejala lupus eritematosus sistemik pada anak yang biasanya menjadi pegangan dokter adalah demam, ruam khusus pada wajah yang berbentuk kupu-kupu, dan rambut rontok. Kemudian dokter akan melakukan tes laboratorium untuk melihat adanya antibodi khusus yang merupakan ciri lupus pada anak, dan pemeriksaan-pemeriksaan lainnya.

Bagaimana Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak Diobati?

Setelah anak-anak didiagnosis dengan lupus dokter akan memutuskan pada rencana pengobatan. Pengobatan tergantung pada seberapa parah lupus dan apa bagian tubuh yang terkena. Hampir semua anak-anak dengan SLE mendapatkan beberapa jenis obat untuk mengontrol lupus mereka. Anak-anak yang sakit sendi sering diberikan acetaminophen atau ibuprofen.

Selain obat-obatan, sebagian besar dari mengobati lupus mungkin melibatkan perubahan gaya hidup anak-anak. Anak-anak dengan lupus dapat belajar untuk mengelola penyakit. Anak, orang tua, dan tim medis untuk membantu mengendalikan gejala lupus. Hal ini dapat membuat anak-anak merasa lebih lelah, sakit, demam, dan sakit dari biasanya, dan juga dapat membahayakan organ-organ tubuh yang penting. Makan dengan nutrisi yang baik dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu anak anda dalam proses penyembuhan.

Meskipun ahli merekomendasikan bahwa anak yang menderita lupus tidak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari kecuali mereka memakai banyak pakaian tabir surya dan pelindung karena sinar ultraviolet dapat memperburuk kondisinya. Merokok, minum, dan obat-obatan tertentu akan mempeburuk kondisi penderita lupus. Dengan obat yang tepat dan kebiasaan yang sehat, anak-anak dengan lupus bisa pergi ke sekolah, mengambil bagian dalam kegiatan, bermain olahraga, dan melakukan hal-hal dengan teman-teman mereka.

Sekian artikel mengenai lupus eritematosus sistemik pada anak. Semoga bermanfaat …

Lupus Eritematosus Sistemik Pada Anak

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)