was successfully added to your cart.

Macam-Macam Penyakit Lupus

By June 28, 2018 February 14th, 2019 Uncategorized
Macam-Macam Penyakit Lupus

Macam-Macam Penyakit Lupus

 

Macam-Macam Penyakit Lupus – Penyakit Lupus adalah penyakit autoimun kronis. Penyakit lupus ini dapat merusak bagian manapun dari tubuh (kulit, sendi, atau organ di dalam tubuh). Kronis berarti bahwa tanda-tanda dan gejala cenderung bertahan lebih lama dari enam minggu dan sering selama bertahun-tahun. Pada lupus, ada masalah dengan sistem kekebalan tubuh, yang merupakan bagian dari tubuh yang bertempur melawan virus, bakteri, dan kuman lainnya. Biasanya sistem kekebalan tubuh memproduksi protein yang disebut antibodi yang melindungi tubuh dari penjajah (kuman penyakit). Autoimun berarti sistem kekebalan tidak bisa membedakan antara penjajah dan jaringan sehat tubuh sendiri (“auto” berarti “diri”). Pada lupus, sistem kekebalan tubuh menciptakan autoantibodi, yang kadang-kadang menyerang dan menghancurkan jaringan sehat. Autoantibodi ini berkontribusi terhadap peradangan, nyeri, kerusakan di berbagai bagian tubuh.

Macam-Macam Penyakit Lupus

Macam-Macam Penyakit Lupus

Ketika orang berbicara tentang “lupus” itu biasanya berarti lupus eritematosus sistemik, atau SLE (systemic lupus erythematosus). Ini merupakan jenis lupus yang paling banyak. Walaupun lupus dapat mempengaruhi hampir semua sistem organ, bagi kebanyakan orang, hanya mempengaruhi beberapa bagian tubuh. Misalnya, satu orang dengan lupus mungkin memiliki lutut bengkak dan demam. Orang lain mungkin lelah sepanjang waktu atau memiliki masalah ginjal. Orang lain mungkin memiliki ruam. Seiring waktu, gejala yang lebih dapat berkembang.

Biasanya, lupus berkembang perlahan-lahan, dengan gejala yang datang dan pergi. Wanita yang mendapatkan lupus yang paling sering memiliki gejala dan didiagnosis antara usia 15 dan 45. Namun penyakit juga bisa terjadi di masa kecil atau di kemudian hari.

Bagi sebagian orang, lupus adalah penyakit ringan. Tapi bagi orang lain, dapat menyebabkan masalah berat. Bahkan jika gejala lupus yang ringan, itu adalah penyakit serius yang memerlukan monitoring dan perawatan konstan. Meskipun “lupus” istilah umumnya mengacu pada SLE, ada beberapa macam-macam penyakit lupus, antara lain :

  1. Systemic Lupus Erythematosus atau SLE

Mcam-macam penyakit lupus yang sering terjadi pada penderita, persentasenya sampai 70% penderita lupus mengidap jenis lupus Systemic Lupus Erythematosus. Kondisi penyakit lupus ini dapat mengalami kondisi yang berat dan ringan sehingga dapat mempegaruhi berbagai bagian tubuh. Gejala umum dari jenis penyakit ini adalah mengalami kelelahan, rambut rontok, kepekaan terhadap sinar matahari, bengkak dan juga nyeri sendi. Adapun secara umum diagnosis lupus didasari karena kombinasi hasil laboratorium dan gejala fisik.

  1. Cutaneus Lupus Erytematosus

Bentuk lupus ini terbatas pada kulit. Meskipun lupus kutaneous dapat menyebabkan banyak jenis ruam dan lesi (luka), ruam diskoid yang paling sering disebut-diangkat, bersisik dan merah, tapi tidak gatal. Area ruam tampak seperti cakram, atau lingkaran.

Contoh umum lain dari lupus kulit adalah ruam di pipi dan di seberang jembatan hidung, yang dikenal sebagai ruam kupu-kupu. Ruam atau luka lain mungkin muncul di wajah, leher, atau kulit kepala (area kulit yang terkena sinar matahari atau cahaya neon), atau di mulut, hidung, atau vagina. Rambut rontok dan perubahan pigmen, atau warna kulit juga merupakan gejala lupus kutaneous.

Kira-kira 10 persen orang yang menderita lupus kulit akan mengalami lupus sistemik. Namun, kemungkinan orang-orang ini sudah mengalami lupus sistemik, dengan ruam kulit sebagai gejala utama mereka.

  1. Drug Induced Lupus

Drug induced lupus ini adalah macam-macam penyakit lupus yang disebabkan karena obat-obatan. Dimana gejala lupus seperti lupus sistematik dimana jarang mempengaruhi organ utama.

Obat yang paling sering dikaitkan dengan drug-induced lupus meliputi:

  • Hydralazine-Pengobatan untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Procainamide-Pengobatan irama jantung tidak teratur
  • Isoniazid-Pengobatan untuk tuberkulosis

Lupus yang diinduksi obat lebih sering terjadi pada pria karena mereka sering menggunakan obat ini; Namun, tidak semua orang yang mengkonsumsi obat ini akan mengembangkan drug-induced lupus. Gejala yang dapat dirasakan adalah nyeri pada bagian sendi, bagian otot dan juga mengalammi demam ringan. Pada sebagain besar akan sendirinya sembuh dengan menggunakan obat akan tetapi tidak semua dapat mengambil jenis obat yang sama pemeriksaan dokter sangat penting dilakukan untuk mendapatkan drug induced lupus.

  1. Neonatal Lupus

Macam-macam penyakit lupus yang langka yang terjadi pada bayi yang disebabkan oleh antibodi ibu. Antibodi ini dapat ditemukan pada penderita ibu yang mengidap lupus. Akan tetapi kondisi ini dapat pula dialami oleh bayi dari ibu yang tidak menderita penyakit lupus. Pada saat lahir bayi yang mengalami neonatal lupus memiliki ruam kulit, mengalami masalah hati dan juga mengalami volume sel darah merah yang rendah.

Bayi yang mengalami gangguan kesehatan neonatal lupus seringkali gejala hilang sama sekali setelah beberapa bulan dan tidak memiliki kondisi yang akan terjangkit kasus yang sama. Bayi dengan penyakit lupus neonatal dapat memiliki cacat jantung yang jarang meskipun harus diwaspadai karena akan mengidap penyakit jantung yang serius. Bahkan dapat terjadi pada bayi yang lahir dari ibu yang sehat.

Tak hanya itu saja, penyakit lupus juga ternyata identik dengan ras-ras tertentu. Orang-orang asal Afrika, Latin dan Asia memiliki resiko terserang lupus lebih tinggi daripada orang Eropa atau ras Kaukasian. Para ahli belum bisa menemukan penyebab hal ini.

Lalu apakah ada cara menangkal penyakit lupus ke diri kita ? Jawabannya adalah ada. Berikut 5 langkah pencegahannya:

  • Hindari stres dan terapkan pola hidup sehat
  • Kurangi kontak langsung berlebihan dengan sinar matahari
  • Stop / berhenti merokok
  • Berolah-raga teratur
  • Lakukan diet nutrisi

Jika diantara Anda atau keluarga Anda justru sudah menjadi odapus (nama lain untuk seorang penderita penyakit lupus, red) jangan buru-buru panik. Pastikan secara berkala memeriksakaan diri ke dokter spesialis rheumatology.

Dengan berobat secara teratur sesuai saran dokter (yang biasanya diminum seumur hidup), maka odapus dapat hidup selayaknya orang normal.

Satu informasi penting lagi : penyakit lupus tidak lah menular, jadi jangan kuatir bila harus berhubungan dengan penderita penyakit lupus. Justru, Anda harus beri dukungan pada mereka sehingga mereka tidak menjadi stres dan bisa terus semangat hidup. Semoga bermanfaat …

Macam-Macam Penyakit Lupus

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)