was successfully added to your cart.

Makanan Untuk Penyakit Lupus

By August 9, 2018 February 14th, 2019 Uncategorized
Makanan Untuk Penyakit Lupus

Makanan Untuk Penyakit Lupus

 

Makanan Untuk Penyakit Lupus – Lupus adalah penyakit peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Penyakit seperti ini disebut penyakit autoimun. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Makanan Untuk Penyakit Lupus

Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Akan tetapi pada penderita lupus, sistem imun justru menyerang tubuhnya sendiri. Penyebab terjadinya lupus pada seseorang hingga saat ini belum diketahui. Sejauh ini, diduga penyakit yang lebih menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki ini dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dan lingkungan.

Jenis-jenis Lupus

Penyakit lupus terbagi ke dalam beberapa jenis, antara lain:

  • Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE)

Lupus ini terjadi secara menyeluruh (sistemik) pada tubuh penderita dan merupakan jenis lupus yang paling sering terjadi. Dinamakan lupus sistemik dikarenakan terjadi pada berbagai organ, terutama sendi, ginjal, dan kulit. Gejala utamanya adalah inflamasi kronis pada organ-organ tersebut.

  • Lupus eritematosus kutaneus (cutaneous lupus erythematosus/CLE)

Merupakan manifestasi lupus pada kulit yang dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari SLE. CLE dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu acute cutaneous lupus erythematosus (ACLE), subacute cutaneous lupus erythematosus (SCLE), dan chronic cutaneous lupus erythematosus (CCLE).

  • Lupus akibat penggunaan obat

Beberapa jenis obat dapat menimbulkan gejala yang terlihat mirip dengan gejala lupus, pada orang yang tidak menderita SLE. Akan tetapi jenis lupus ini bersifat sementara dan akan menghilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah berhenti mengonsumsi obat yang memicu gejala lupus tersebut. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan lupus jenis ini, antara lain metildopa, procainamide, D-penicillamine (obat untuk mengatasi keracunan logam berat), serta minocycline (obat jerawat).

  • Lupus Eritematosus Neonatal

Lupus eritematosus neonatal merupakan jenis lupus yang terjadi pada bayi baru lahir. Lupus neonatal diakibatkan oleh autoantibodi, yaitu anti-Ro, anti-La, dan anti-RNP. Ibu yang melahirkan anak yang menderita lupus eritematosus neonatal belum tentu mengidap lupus. Biasanya lupus eritematosus neonatal hanya terjadi pada kulit dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun pada kasus yang jarang, lupus neonatal dapat menyebabkan congenital heart block, yaitu gangguan irama jantung pada bayi baru lahir. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara memasang alat pacu jantung.

Makanan untuk penyakit lupus yang sebaiknya dikonsumsi

Untuk mengurangi gejala yang timbul, ada berbagai makanan yang bisa Anda konsumsi. Berikut adalah makanan untuk penyakit lupus yang sebaiknya di konsumsi :

  1. Makanan dengan antioksidan tinggi

Orang dengan penyakit lupus akan sering mengalami peradangan, oleh karena itu dibutuhkan makanan untuk mengurangi dampak tersebut. Dalam hal ini, Anda dapat mengandalkan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan banyak ditemukan di berbagai macam buah dan sayur-sayuran.

  1. Makanan yang mengandung omega-3

Tak hanya antioksidan yang baik untuk meringankan peradangan, namun omega-3 juga dapat membantu Anda mencegah gejala tersebut. Bahkan, omega-3 mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke yang rentan dialami oleh penderita lupus. Makanan yang mengandung omega-3 yaitu:

  • Salmon
  • Tuna
  • Sarden
  • Mackarel

Bila Anda lebih memilih mengonsumsi suplemen omega-3, maka sebaiknya diskusikan dulu dengan tim medis yang menangani Anda.

  1. Makanan dengan kandungan kalsium dan vitamin D tinggi

Orang yang menderita lupus juga cenderung memiliki tulang yang rapuh. Selain itu, obat-obatan yang dikonsumsi, memiliki efek samping terhadap tulang, sehingga membuat risiko tulang rapuh semakin besar.  Risiko tersebut dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi – yang bisa membuat tulang lebih kuat. Anda dapat menemukan kalsium dan vitamin D yang banyak pada makanan:

  • Susu dan olahannya, pilihlah produk yang rendah lemak
  • Sayuran yang berwarna hijau tua, seperti bayam dan brokoli
  • Kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang kedelai, dan kacang almon

Makanan apa yang harus dihindari penderita lupus?

Ada beberapa jenis makanan yang justru membuat gejala lupus yang Anda derita semakin buruk, berikut adalah makanan-makanan yang harus Anda batasi atau hindari:

  1. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh dan lemak trans dapat membuat Anda berisiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Tentu makanan yang mengandung kedua lemak tersebut harus Anda hilangkan dari menu makanan Anda. makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi yaitu, junk food serta berbagai jenis makanan atau minuman kemasan.

  1. Makanan yang mengandung natrium terlalu banyak

Tak hanya orang yang tekanan darah tinggi saja yang harus menghindari konsumsi natrium dalam jumlah banyak, begitu juga penderita lupus. Natrium yang banyak ditemukan pada makanan kemasan ini membuat penderita lupus mudah terserang penyakit jantung. Oleh karena itu, hindari makanan kemasan serta makanan yang mengandug garam yang tinggi.

  1. Makanan dengan campuran bawang

Bagi sebagian orang, bawang adalah bumbu pelengkan yang membuat makanan menjadi lebih lezat. Namun sayangnya, hal ini tak dapat dirasakan oleh penderita lupus, sebab bawang adalah makanan wajib yang harus dihindari. Menurut penelitian, bawang berfungsi untuk meningkatkan sel darah putih yang menjadi pasukan utama dari kekebalan tubuh. tentu, makanan ini menjadi buruk bagi penderita lupus karena semakin sel darah putih, semakin banyak organ yang diserang dan akhirnya gejala yang timbul kian parah.

Sekian artikel mengenai makanan untuk penyakit lupus dan makanan yang harus di hindari oleh penderita lupus. Semoga bermanfaat …

Makanan Untuk Penyakit Lupus

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)