Mencegah Penyakit Lupus, Bagaimana ?

Mencegah Penyakit Lupus, Bagaimana ?

Mencegah Penyakit Lupus – Lupus adalah sebuah penyakit mematikan setara kanker yang dalam beberapa tahun belakangan jumlah penderitanya terus meningkat di dunia. Hingga detik ini, medis belum bisa menemukan obat untuk mengatasinya. Sekilas mengenai penyakit lupus. Secara etimologi, lupus berasal dari bahasa Latin yang berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu.

Mencegah Penyakit Lupus, Bagaimana ?

Mencegah Penyakit Lupus, Bagaimana ?

Mengapa muncul istilah penyakit “lupus”? Sebab penderita penyakit lupus pada umumnya memiliki bercak merah berbentuk kupu-kupu (butterfly rash) di pipi yang mirip dengan yang ada di pipi serigala, tetapi berwarna putih. Bercak merah berbentuk kupu-kupu adalah salah satu tanda penyakit lupus ini.

Itu sebabnya lambang penyakit lupus adalah kupu-kupu. Penyakit lupus adalah penyakit auto imun yang menyerang sistem kekebalan tubuh secara berlebihan, sehingga mengganggu kesehatan tubuh. Penyakit lupus terjadi ketika antibodi menyerang sel sehat dalam tubuh itu sendiri.

Jika diantara Anda atau keluarga Anda justru sudah menjadi odapus (nama lain untuk seorang penderita penyakit lupus, red) jangan buru-buru panik. Pastikan secara berkala memeriksakaan diri ke dokter spesialis rheumatology. Dengan berobat secara teratur sesuai saran dokter (yang biasanya diminum seumur hidup), maka odapus dapat hidup selayaknya orang normal. Penyakit lupus tidak lah menular, jadi jangan kuatir bila harus berhubungan dengan penderita penyakit lupus. Justru, Anda harus beri dukungan pada mereka sehingga mereka tidak menjadi stres dan bisa terus semangat hidup.

Sebagian orang yang telah mengetahui apa dan bagaimana penyakit lupus tentunya akan bertanya–tanya. Bagaimana cara mencegah penyakit lupus? Perlu diketahui, bahwa hingga saat ini belum ada keputusan final secara medis mengenai cara atau sistem untuk mencegah penyakit lupus ini. Hal tersebut disebabkan oleh asal muasal serta penyebab penyakit ini yang juga belum diketahui secara pasti.

Pada umumnya, mencegah penyakit lupus dalam ilmu medis hanya memastikan agar kita semua dapat menjalani pola hidup sehat meliputi pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga teratur, menjauhi minuman keras, rokok, bekerja tidak terlalu lelah, serta banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan kedalam menu harian.

Satu set kegiatan dan pola hidup sehat tersebut selalu  diyakini berfungsi untuk membentuk sistem imun tubuh sehingga dapat menjauhkan manusia dari penyakit apapun juga. Apabila seseorang menderita penyakit lupus oleh karena sebab genetik, maka mencegah penyakit lupus dengan menjalani pola hidup sehat yang disebutkan, penyakit lupus akan dapat ‘ditekan’ atau dibuat ‘tidur’ sehingga tidak menimbulkan gejala maupun gangguan.

Tentu saja, sekali terserang lupus, penyakit ini akan terus ada. Hanya saja penderita yang berhasil membuat penyakit lupus ‘tertidur’, dapat hidup selayaknya orang normal yang menjalani aktivitas tanpa gangguan yang menyakitkan. Namun, penyakit ini akan kembali datang jika si penderita mulai melonggarkan cara mencegah penyakit lupus yang harus dijalani dalam jangka waktu yang panjang tersebut.

Bagaimana mencegah penyakit Lupus Dilakukan?

Mengingat penyebab penyakit lupus yang belum diketahui, begitu pula dengan metode pengobatannya. Belum disebutkan adanya obat lupus yang dapat menyembuhkan keabnormalan autoimun yang ditimbulkan oleh penyakit lupus. Namun banyak penderita lupus yang dapat bertahan hidup meskipun hidup bersamaan dengan penyakit ini dengan program hidup sehat yang dianjurkan khusus untuk penderita lupus.

Adapun komplikasi yang paling berbahaya dari penyakit lupus adalah lupus nephritis yang dapat merusakkan ginjal sehingga terjadi gagal ginjal pada pasien. Akibat dari gagal ginjal tersebut mengharuskan pasien untuk melakukan transplansi ginjal baru. Namun pengobatan medis modern dapat membantu melindungi si penderita dari komplikasi mematikan ini.

Lalu apakah ada cara mencegah penyakit lupus untuk diri kita ? Jawabannya Ada. Berikut ini adalah lima langkah cara mencegah penyakit lupus :

  1. Hindari stres dan terapkan pola hidup sehat
  2. Kurangi kontak langsung berlebihan dengan sinar matahari
  3. Stop / berhenti merokok
  4. Berolah-raga teratur
  5. Lakukan diet nutrisi

Terimakasih telah membaca artikel mengenai cara mencegah penyakit lupus. Semoga artikel cara mencegah penyakit lupus diatas dapat bermanfaat untuk anda…

Mencegah Penyakit Lupus, Bagaimana ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*