Pantangan Lupus, Apa Saja ?

Pantangan Lupus, Apa Saja ?

 

 

Pantangan lupus – Sekarang banyak sekali muncul beberapa jenis herbal yang ditawarkan buat pasien autoimun baik odapus. Ada beberapa pantangan lupus herbal yang tidak cocok bagi odapus karena kandungannya yang kontra indikasi.

Pantangan Lupus, Apa Saja ?

Pantangan Lupus, Apa Saja ?

Beberapa tanaman herbal yang menjadi pantangan lupus tersebut adalah :

  1. Mengkudu

Mengkudu atau buah noni yang termasuk dalam golongan famili Rubiaceae mempunyai khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Maka ini salah satu pantangan lupus. Buah mengkudu dan mangga mengandung bahan imunomodulator atau peningkat sistem kekebalan tubuh yang bisa dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.

2. Pollen lebah, Propolis

Pantangan lupus ini mempunyai khasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini tidak cocok buat pasien autoimun.

3. Kunyit (Curcuma domestica)

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit masuk dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Nama lain kunyit berbagai daerah adalah turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura). Kunyit mempunyai khasiat imuno stimulator sehingga merupakan salah satu pantangan lupus.

4. Meniran (Phyllanthus niruri)

Meniran adalah tumbuhan liar dari golongan Famili Euphorbiceace dan banyak tumbuh di Indonesia. Khasiat meniran salah satunya dapat meningkatkan imun tubuh kita. Maka tentu saja ini tidak cocok buat pasien autoimun.

5. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Tanaman ini juga tidak cocok bagi pasien autoimun karena bersifat imuno stimulator.

6. Echinaceae purpurea

Beberapa suplemen yang sering kita dengar yaitu imunos, imboost, starmuno adalah mengandung bahan echinaceae. Bahan ini dapat meningkatkan imunitas dan tidak cocok buat pasien autoimun.

7. Siberian ginseng (Eleutherococcus), Ginseng – Radix

8. Green Chiretta

Green Chiretta adalah nama ilmiah dari negara India/Pakistan untuk tanaman sambiloto.

9. Colostrum, Lactoferrin : Increase immunity.

Kolostrum merupakan cairan yang keluar pada awal-awal masa menyusui sekitar 24-36 Jam pertama setelah melahirkan. Kolostrum memiliki banyak manfaat, salah satunya membawa zat imunitas (zat kekebalan) yang ditransfer dari ibu ke bayinya.Beberapa penelitian diketahui bahwa kolostrum dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Maka kolostrum tidak cocok buat pasien autoimun.

Seorang sahabat odapus di Kalimantan yang lupus-nya menyerang saraf, justru kondisinya bertambah parah (kejang-kejang) setelah mengkonsumsi mengkudu. Seorang sahabat odapus di Bandung mengalami peradangan di telinga bagian tengahnya setelah mengkonsumsi pollen. Tentunya masih ada kasus lain yang belum terinventarisir akibat ketidaktahuan akan hal ini. Adapun tentang Teripang, ada odapus yang cocok karena keluhan nyeri sendinya berkurang dan ada pula yang menyatakan tak berefek. Mungkin yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah apakah odapus tersebut alergi terhadap produk laut.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Setiap pasien memiliki kondisi yang berbeda-beda. Sehingga antara pasien satu dan pasien lainnya berbeda-beda juga rasa sakit di dalam tubuhnya beda-beda, tergantung bagaimana ia mengendalikan sakitnya tersebut. Bila ada penawaran herbal, perhatikan isi kandungannya. Kalau ada dari kesembilan jenis bahan alam di atas maka jangan konsumsi. Selain itu perhatikan khasiatnya, jika berguna untuk peningkatan immunitas maka jangan konsumsi. Semoga kita dapat selalu menjadi pasien yang cerdas dan berhati-hati agar semakin sehat.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai pantangan lupus. Semoga artikel mengenai pantangan lupus diatas dapat bermanfaat untuk anda… 🙂

Pantangan Lupus, Apa Saja ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*