was successfully added to your cart.

Pencegahan Penyakit Lupus Pada Anak

By February 8, 2018 Uncategorized

Pencegahan Penyakit Lupus Pada Anak

 

Pencegahan Penyakit Lupus Pada Anak – Penyakit lupus adalah penyakit yang melibatkan disfungsi autoimun tubuh yang bekerja secara abnormal sehingga menyerang organ-organ tubuh yang kemudian memicu timbulnya berbaga macam penyakit seperti: ruam (bercak kulit), nyeri sendi, kelelahan, kerontokan, hingga penyakit dalam seperti ginjal, hati, jantung dan paru. Setiap penderita lupus dapat memiliki gejala yang berbeda satu sama lainnya, tergantung kemana autoimun lupus menyerang.

Pencegahan Penyakit Lupus Pada Anak

Pencegahan Penyakit Lupus Pada Anak

Saat ini, diprediksikan terdapat satu setengah juta penderita lupus di Amerika (sepuluh ribu diantaranya adalah anak – anak) yang sebagian besar penderitanya adalah wanita. Sehingga wajar jika penyakit ini sering disebut sebagai penyakit wanita meskipun pria juga dapat mengidap penyakit ini.

Bagi orang tua yang anaknya mengidap penyakit lupus merupakan tantangan dan pekerjaan tersendiri. Mulai dari mengetahui seluk beluk penyakit lupus, kebutuhan – kebutuhan khusus yang dibutuhkan untuk si anak, hingga mengajarkan si anak tentang penyakit yang diidapnya tersebut. Bukan saja kepada anak yang bersangkutan, tetapi juga kepada teman-teman, dll, untuk memberinya dorongan bahwa penyakit ini tidaklah menular agar hubungan sosial si anak tidak mengalami masalah dan diskriminasi lingkungan.

Apa gejala lupus pada anak ?

Gejala awal lupus sangat beragam, bahkan seorang Dokter terkadang sulit untuk mendiagnosa penyakit ini. Gejala awal sakit lupus yang biasanya muncul pada penderita adalah kelainan kulit berupa kemerahan disekitar pipi dan hidung. Adanya bercak-bercak merah pada bagian wajah dan lengan, disertai rasa panas dan rasa lelah yang berkepanjangan, rambut rontok, timbul sariawan dan persedian kerap bengkak. Terkadang pula, gejalanya disertai dengan flu yang berulang. Penyakit lupus ini dapat mengenai berbagai alat tubuh.

Selain itu, peradangan pada paru-paru juga merupakan gejala lanjutan pada penyakit lupus. Bila anak Anda merasakan atau menunjukkan gejala-gejala sakit lupus tersebut di atas, akan sangat baik bila segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan beberapa rangkaian tes yang lebih akurat tentang kemungkinan terserang penyakit ini atau tidak.

Bagaimana upaya penyakit lupus pada anak ?

Mencegah datangnya suatu penyakit alangkah lebih baik, daripada harus kerepotan mangobatinya di masa yang akan datang. Beberapa hal yang lumrah dilakukan untuk cara pencegahan lupus SLE, diantaranya :

  1. Tidak Merokok

Asap rokok akan meningkatkan dan menjadikan gejala lupus semakin menjadi. Lebih baik jangan mejadi perokok aktif atau juga pasif saat Anda sudah terkena penyakit ini.

  1. Berolahraga Secara Teratur

Dengan aktivitas ini, Anda akan menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, menambah adanya kekuatan otot, sampai mengatasi stres. Beragam khasiat dalam olahraga sangat dibutuhkan oleh pasien lupus. Namun, pilih jenis olahraga yang cocok dengan keadaan fisik.

  1. Cukup Tidur

Tidur tujuh jam setiap malam. Istirahat dapat meredakan rasa lelah. Namun jika banyak tidur juga akan membuat tubuh lelah. Jangan memakan makanan berat saat akan tidur.

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Jangan selalu berada dalam paparan sinar matahari. Hal ini dapat meningkatkan gejala stroke. Jika keluar rumah lebih baik gunakan tabir surya yang memiliki SPF 30. Cara mencegah lupus, Jangan sering terkena matahari saat jam 10 pagi sampai 16 sore. Gunakan baju lengan panjang, celana panjang, dan topi yang lebar saat keluar di siang hari.

  1. Tutup Lampu Neon Dengan Pelindung

Hal ini karena lampu neon ternyata bisa mengandung sinar ultraviolet. Gunakan pelindung dengan teknologi nano dapat menjadi filter untuk sinar UV B dan UV C, dan UV A.

  1. Hindari Infeksi

Obat-obatan tertentu yang biasanya dikomsumsi penderita lupus dapat menjadikan pasien lebih mudah terkena infeksi. Cara pencegahan penyakit lupus dengan mencuci tangan memakai sabun dan air hangat supaya bakteri atau virus hilang. Jangan menyentuh tangan, mulut, atau hidung memakai tangan yang kotor. Konsultasi dengan dokter jika ingin imuninasi atau vaksin.

  1. Mandi Air Hangat

Pasien lupus biasanya akan mudah terkena nyeri otot dan sendi. Obat pereda nyeri dapat mengatasi keluahan ini. Namun cara pencegahan penyakit lupus lebih baik dengan memakai cara alami yakni mandi air hangat atau berendam dalam air hangat. Melakukan yoga, tai chi, akupuntur, dan lainnya.

  1. Jauhi Depresi

Pasien penyakit lupus biasa mudah terkena mood buruk. Namun selalu cari solusi supaya kesehatan mental Anda tidak terganggu. Lakukan meditasi, liburan dan lainnya.

  1. Perhatikan Makanan Yang Dikomsumsi

Konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan seperti jenis buahan, sayuran, dan ikan. Kandungan minyak ikan memiliki asam lemak omega 3 yang meredakan peradangan. Jangan komsumsi makanan dengan kandungan alfafa seperti kecambah dan biji.

Cara pencegahan penyakit lupus pada anak sangat penting dilakukan apabila sudah menemukan gejala yang menjurus pada gejala lupus. Penyakit lupus akan sama bahayanya dengan penyakit jantung, kanker dan AIDS yang bisa mematikan.

Pencegahan Penyakit Lupus Pada Anak

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)