Penyakit Lupus Adalah

Penyakit Lupus Adalah

 

 

 

Penyakit Lupus AdalahPenyakit Lupus adalah penyakit kritis yang berjalan karena produksi antibodi atau zat kekebalam tubuh yang terlampau berlebih. Penyakit Lupus terhitung penyakit autoimun karena pada saat terkena penyakit lupus, tubuh bisa membuahkan antibodi yang sebenarnya untuk melenyapkan kuman atau sel kanker yang ada di tubuh, namun di dalam kondisi autoimun, antibodi tersebut nyatanya merusakkan organ tubuh sendiri. Segi dari organ tubuh yang sering dirusak yakni : ginjal, sendi, kulit, jantung, apru, otak, dan sistem pembuluh darah. Semakin lama sistem perusakan berjalan, semakin berat rusaknya organ tubuh.

Gejala Penyakit Lupus Adalah :

Gejala penyakit lupus sangat bervariasi. Para penderita penyakit lupus bisa berbeda-beda gejalanya. Itu sebabnya seseorang yang menderita penyakit lupus sulit mendeteksi penyakit tersebut. Bahkan, gejala penyakit lupus dapat menyerupai gejala penyakit lain.

Penyakit Lupus Adalah – Mengenal Sakit Lupus

Penyakit Lupus Adalah

Gejala yang variatif ini disebabkan karena organ tubuh yang diserang juga bisa berbeda antara penderita yang satu dengan yang lain. Misalnya, bila yang diserang adalah darah, maka gejalanya mirip dengan orang yang menderita anemia. Bila yang diserang mulut, maka penderita dapat mengalami sariawan yang berkepanjangan yang dapat dianggap sebagai gejala kekurangan vitamin C.

Bila menyerang sistem saraf bisa menyebabkan disfungsi mental, kejang, psikosis, dan sakit kepala parah. Sistem otot yang terserang akan menunjukkan ciri ciri penyakit lupus yang khas berupa rasa lemah atau sakit di otot atau pada pesendian, baik dengan ataupun tanpa pembengkakan serta menunjukkan kemerahan pada daerah yang terserang. Beberapa gejala penyakit lupus adalah :

  1. Kulit yang gampang gosong disebabkan cahaya matahari dan munculnya masalah pencernaan.
  2. Gejala biasanya pasien kerap jadi lemah, kelelahan yang terlalu berlebih, demam serta pegal-pegal. gejala ini terlebih diperoleh pada saat aktif, namun pada saat remisi ( nonaktif ) menghilang.
  3. Pada kulit, dapat nampak ruam merah yang membentang di ke-2 pipi, serupa kupu-kupu. terkadang dimaksud ( butterfly rash ).
  4. Anemia yang disebabkan oleh beberapa sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini.
  5. Rambut yang kerap rontok serta rasa capek yang terlalu berlebih.

Penyebab Penyakit Lupus Adalah :

Penyebab penyakit lupus hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Pada sebagian besar  kasus,  penyakit lupus tidak lepas dari latar belakang riwayat keluarga yang pernah terkena sebelumnya. Namun pada sebagian kasus lain, tidak ada penyebab yang jelas untuk penyakit lupus ini. Dikalangan masyarakat sendiri ada anggapan bahwa penyebab penyakit lupus adalah faktor genetik yang turun temurun.

Penyakit Lupus Adalah – Mengenal Sakit Lupus

Penyakit Lupus Adalah

Sampai sekarang ini beberapa peneliti didalam bidang dermatologi tetap meneliti selanjutnya perihal penyebab penyakit lupus, siapa saja bisa menderita penyakit ini tidak dibatasi oleh umur serta type kelamin, berbentuk genetik tetapi menurut perkiraan beberapa ilmuwan bahwa hormon wanita (hormon estrogen) barangkali ada hubungannya dengan penyebab penyakit lupus dikarenakan dari fakta yang ada diketahui bahwa 9 dari 10 orang pasien penyakit lupus yaitu wanita, sebagian faktor yang bisa menyebabkan penyakit lupus adalah :

  1. Lingkungan.
  2. Infeksi.
  3. Tuturan cahaya matahari.
  4. Stres.
  5. Obat-obatan tertentu.

Sebab penderita penyakit lupus pada umumnya memiliki bercak merah berbentuk kupu-kupu di pipi yang mirip dengan yang ada di pipi serigala, tetapi berwarna putih. Bercak merah berbentuk kupu-kupu adalah salah satu tanda penyakit lupus ini. Itu sebabnya lambang penyakit lupus adalah kupu-kupu. Penyakit lupus adalah penyakit auto imun yang menyerang sistem kekebalan tubuh secara berlebihan, sehingga mengganggu kesehatan tubuh. Penyakit lupus terjadi ketika antibodi menyerang sel sehat dalam tubuh itu sendiri.

Dr. Rahmat Gunadi dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran / Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung menjelaskan bahwa, penyakit lupus adalah penyakit sistem imunitas di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem jantung atau kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai penyakit lupus adalah. Semoga artikel penyakit lupus adalah diatas dapat bermanfaat untuk anda … 🙂

Penyakit Lupus Adalah

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*