Penyakit Lupus, Apa Itu ?

Penyakit Lupus, Apa Itu ?

 

Penyakit LupusPenyakit Lupus merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini setara dengan penyakit Kanker, banyak yang meningal dunia karena mengidap penyakit ini. Penyakit Lupus menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan, sehingga mengganggu kesehatan tubuh. Ciri ciri Penyakit Lupus yaitu apabila menyerang dada maka akan timbul rasa sakit sehingga menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan pada saat bernapas. Pada penderita penyakit ini awalnya seperti mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Terdapat bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, mengalami kerontokkan rambut, sering mengalami bengkak pada persendian dan sariawan serta merasakan panas dan rasa lelah yang berkepanjangan. Penyakit ini bukan hanya menyerang pada kulit, akan tetapi juga bisa menyerang hampir ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia.

Arti kata lupus sendiri didalam bahasa latin bermakna “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal kira-kira satu abad yang lampau. Awalnya, penderita penyakit ini dikira memiliki kelainan kulit, berbentuk kemerahan di sekitar hidung serta pipi. Penyakit lupus adalah peradangan kronis yang terjadi ketika sistem imun tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh. Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, sel darah, jantung dan paru-paru.

Penyebab munculnya penyakit Lupus ini hingga kini masih belum diketahui secara pasti “apa penyebab”nya. Namun yang pasti gejala-gejala umum dari penyakit lupus ini bervariasi, mulai dari gejala yang ringan (hanya mengenai bagian kulit dan persendian) sampai pada gejala serius yang dapat mengancam jiwa manusia jika lupus menyerang organ vital. Karena itu kenalilah semenjak dini bila anda merasakan adanya keluhan dari gejala-gejala umum yang terdapat penyakit lupus.

Penyakit Lupus, Apa Itu ?

Penyakit Lupus, Apa Itu ?

Penyakit Lupus biasanya banyak menyerang  pada wanita, walaupun alasan nya belum di temukan dengan jelas. Penderita Lupus seharusnya harus menghindar stress, menjaga agar tidak langsung terkena sinar matahari, mengurangi beban kerja yang telah berlebihan, menghindari pemakaian obat tertentu yang biasanya itu salah satu penyebab penyakit lupus. Biasanya Penyakit kanker atau HIV/AIDS bisa menyebabkan sistem kekebalan menurun, sedangkan Penyakit Lupus adalah dengan sistem kekebalan yang berlebihan sehingga tubuh menjadi over acting terhadap ransangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak anti bodi atau semacam protein yang malah ditunjukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri.

Perlu diingat bahwa Lupus “Bukan” penyakit menular, bukan penyakit AIDS, bukan penyakit kelamin serta bukan penyakit kanker. Lupus adalah penyakit kelainan antibodi .

Ada 3 Jenis Bentuk Lupus di antara nya :

  1. Cutaneus Lupus, seringkali disebut discoid yang memengaruhi kulit.
  2. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang menyerang organ tubuh seperti kulit,
  3. persendian, paru-paru, darah, pembuluh darah, jantung, ginjal, hati, otak, dan syaraf.
  4. Drug Induced Lupus(DIL), timbul karena menggunakan obat-obatan tertentu.

Gejala lupus biasanya mudah mengalami gangguan pencernaan dan kulit peka terhadap sinar matahari yang sehingga mudah gosong. Badan terasa lemah, dan terasa kelelahan yang berlebihan yang disertai pegal-pegal bahkan demam. Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Kadang disebut (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap Lupus. Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini. Sering mengalami kerontokan pada rambut dan rendahnya trombosit.

Berikut ini adalah beberapa Gejala Penyakit Lupus yang harus anda waspadai :

  1. Gejala umumnya adalah penderita akan sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal.
  2. Timbulnya gangguan pada pencernakan dan pada kulit sang penderita akan mudah gosong akibat terkena sinar matahari.
  3. Penderita akan mengalami anemia, karena sel-sel darah merah akan hancur apabila mengidap penyakit ini.
  4. Pada kulit penderita akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Dan ruam merah yang hampir menyerupai cakram dapat muncul di kulit pada seluruh bagian tubuh.

Penyakit Lupus, Apa Itu ?

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*