was successfully added to your cart.

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak ?

By February 2, 2018 Uncategorized

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak ?

 

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak ? Lupus adalah penyakit peradangan(inflamasi) kronis yang disebabkan olehsistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Penyakit seperti ini disebut penyakit autoimun. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal,paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak ?

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak ?

Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Akan tetapi pada penderita lupus, sistem imun justru menyerang tubuhnya sendiri. Penyebab terjadinya lupus pada seseorang hingga saat ini belum diketahui. Sejauh ini, diduga penyakit yang lebih menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki ini dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dan lingkungan.

Jenis-jenis Lupus

Penyakit lupus terbagi ke dalam beberapa jenis, antara lain:

  • Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE)

Lupus ini terjadi secara menyeluruh (sistemik) pada tubuh penderita dan merupakan jenis lupus yang paling sering terjadi. Dinamakan lupus sistemik dikarenakan terjadi pada berbagai organ, terutama sendi, ginjal, dan kulit. Gejala utamanya adalah inflamasi kronis pada organ-organ tersebut.

  • Lupus eritematosus kutaneus (cutaneous lupus erythematosus/CLE)

Merupakan manifestasi lupus pada kulit yang dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari SLE. CLE dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu acute cutaneous lupus erythematosus (ACLE), subacute cutaneous lupus erythematosus (SCLE), dan chronic cutaneous lupus erythematosus (CCLE).

  • Lupus akibat penggunaan obat

Beberapa jenis obat dapat menimbulkan gejala yang terlihat mirip dengan gejala lupus, pada orang yang tidak menderita SLE. Akan tetapi jenis lupus ini bersifat sementara dan akan menghilang dengan sendirinya beberapa bulan setelah berhenti mengonsumsi obat yang memicu gejala lupus tersebut. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan lupus jenis ini, antara lain metildopa, procainamide, D-penicillamine (obat untuk mengatasi keracunan logam berat), serta minocycline (obat jerawat).

  • Lupus Eritematosus Neonatal

Lupus eritematosus neonatal merupakan jenis lupus yang terjadi pada bayi baru lahir. Lupus neonatal diakibatkan oleh autoantibodi, yaitu anti-Ro, anti-La, dan anti-RNP. Ibu yang melahirkan anak yang menderita lupus eritematosus neonatal belum tentu mengidap lupus. Biasanya lupus eritematosus neonatal hanya terjadi pada kulit dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun pada kasus yang jarang, lupus neonatal dapat menyebabkan congenital heart block, yaitu gangguan irama jantung pada bayi baru lahir. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara memasang alat pacu jantung.

Penyebab Penyakit Lupus Erythematosus

Penyakit lupus disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sehat dalam tubuh. Hal itu bisa terjadi kemungkinan sebagai hasil dari kombinasi genetika dan lingkungan. Karena telah diketahui bahwa orang-orang dengan kecenderungan lupus (diwariskan) dapat mengembangkan penyakit lupus ini ketika mereka kontak dengan sesuatu dalam lingkungan yang dapat memicu gejala penyakit lupus. Walau demikian, secara pasti Penyebab penyakit lupus belum diketahui. Namun telah diketahui beberapa pemicu potensial, diantaranya:

  • Sinar matahari

Paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab penyakit lupus karena pada orang-orang yang rentan dapat menimbulkan lesi pada kulit yang merupakan gejala penyakit lupus atau memicu respons interna.

  • Obat-obatan

Lupus dapat dipicu oleh beberapa jenis obat anti-kejang, obat tekanan darah dan antibiotik. Orang yang gejala lupus nya timbul ketika minum obat biasanya gejala penyakit lupus tersebut akan hilang ketika mereka berhenti minum obat.

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak ?

Penyakit lupus tidak menular, karena lupus bukan penyakit menular tapi lupus itu penyakit autoimun yaitu antibodi tubuh menyerang tubuh sendiri, lupus juga bukan penyakit keturunan yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak walaupun menyakit ini memang genetik memang mempengaruhi kerentanan seseorang untuk terkena lupus namun bukan dalam hubungan kekerabatan antara orangtua dan anak. Pengaruh genetik lebih terkait dengan epidemologi, misalnya orang Asia diketahui 2 kali lebih rentan kena lupus dibanding orang Eropa.

Sakit lupus dapat disebabkan oleh faktor genetik, kelainan hormon (terutama hormone estrogen yang menjadi alasan mengapa ada lebih banyak perempuan yang terjangkit penyakit ini), alergi akibat konsumsi obat-obatan tertentu, stress, lingkungan yang kotor, dan infeksi bakteri atau virus.

Pengobatan dan Pencegahan

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit lupus :

  • Jangan merokok. Merokok meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan dapat memperburuk efek lupus pada jantung dan pembuluh darah Anda.
  • Makan makanan yang sehat. Diet sehat seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Kadang-kadang Anda harus membatasi makanan Anda, terutama jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kerusakan ginjal atau masalah pencernaan.
  • Berolahraga secara teratur. Latihan dapat membantu Anda pulih dari bintil merah, mengurangi risiko serangan jantung, membantu melawan depresi dan mempromosikan kesejahteraan umum.
  • Hindarilah paparan sinar matahari. Karena sinar ultraviolet dapat memicu bintil merah, mengenakan pakaian pelindung (seperti topi, baju lengan panjang dan celana panjang) dan menggunakan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 55 setiap kali Anda pergi ke luar.
  • Istirahatlah yang cukup. Orang dengan lupus sering mengalami kelelahan berkepanjangan yang berbeda dari kelelahan normal dan belum tentu hilang dengan istirahat. Untuk itu, akan sulit untuk mengetahui apakah Anda perlu untuk beristirahat atau tidak. Perbanyak istirahat di malam hari dan lakukan tidur siang atau istirahat pada siang hari jika diperlukan.
  • Ikuti saran dokter.

Penderita penyakit lupus atau odapus harus bertarung seumur hidup. Odapus harus mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitarnya. Hal ini dikarenakan jangka waktu yang lama dalam pemulihan. Bahkan bahaya yang dapat dihadapi oleh odapus adalah kehilangan motivasi untuk sembuh sehingga peranan keluarga sangat membantu dalam penyembuhan penyakit lupus. Semoga bermanfaat ^^

Penyakit Lupus Menular Atau Tidak ?

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)