was successfully added to your cart.

Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

By May 17, 2018 February 14th, 2019 Uncategorized
Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

 

Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid – Lupus eritematosus diskoid adalah suatu kondisi kulit kronis yang ditandai oleh peradangan dan lesi kulit jaringan parut yang terjadi pada wajah, telinga, kulit kepala dan area tubuh lainnya. Lesi ini berkembang sebagai pertumbuhan meradang dengan sisik (scaling) dan penampilan seperti kutil. Daerah pusat mungkin tampak berwarna cerah dikelilingi oleh daerah gelap dari kulit normal. Ketika lesi terjadi di daerah berbulu seperti kulit kepala, jaringan parut permanen dan kerontokan rambut dapat terjadi. Sebagian kecil pasien dengan lupus diskoid dapat mengembangkan penyakit organ internal.

Lupus Eritematosus Diskoid berhubungan erat dengan kondisi lain yang disebut Lupus Eritematosus Sistemik (LES). LES merupakan penyakit autoimun, yang berarti system pertahanan [imun] alami tubuh menjadikan sel dan jaringan tubuh sebagai target dan menghancurkannya. Lupus Eritematous mengacu pada kelainan yang berdampak luas. Pada LES kelainan dapat menyerang organ internal, sedangkan pada LED hanya menyerang kulit, tapi ada sebagian kecil LED yang menyerang organ dalam, yang membuat penderita menjadi sakit.

Gejala Lupus Eritematosus Diskoid

Bercak kemerahan yang khas bisa terus menerus ada atau hilang timbul selama bertahun-tahun. Bentuk bercak ini berubah-ubah setiap saat, pada awalnya berbentuk bulat dan merah, dengan diameter sekitar 0,5 cm. Biasanya muncul di pipi, hidung, kulit kepala dan telinga, tetapi dapat juga ditemukan di batang tubuh sebelah atas, lengan bagian belakang dan tulang kering. Sering ditemukan luka di mulut.

Jika kelainan ini tidak diobati, setiap bercak secara perlahan akan menyebar ke daerah di sekelilingnya. Bagian tengah mengalami degenerasi dan membentuk jaringan parut. Pada daerah yang bersisik, folikel rambut melebar, meninggalkan lubang yang berbentuk seperti paku karpet. Jaringan parut dapat menyebabkan kerontokan rambut yang meluas. Bercak kemerahan bisa disertai dengan nyeri pada sendi dan penurunan jumlah sel darah putih.

Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

Penyebab yang pasti dari Lupus Eritematosus Diskoid belum diketahui. Para ahli mempercayai bahwa kombinasi genetik, lingkungan dan factor hormonal terlibat dalam pembentukan Lupus Eritematosus Diskoid. Karena tidak ada gen spesifik untuk Lupus Eritematosus Diskoid ditemukan, para peneliti talah menemukan beberapa gen yang berkontribusi pada pembentukan penyakit ini. Dan beberapa orang yang mempunyai gen ini meningkatkan resiko dalam pembentukan Lupus Eritematosus Diskoid. Penyakit dapat pula diinduksi oleh obat, misalnya prokainamid, hidantoin, griseufulvin, fenil butazone, penisilin, streptomisin, tetrasiklin, dan sulfonamide dan disebut sebagai SLE like sindrom. Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

Paparan sinar matahari [radiasi ultraviolet] memerankan peran penting dalam beberapa kasus Lupus Eritematosus Diskoid. Kebanyakan rush Lupus Eritematosus Diskoid terjadi pada daerah yang terpapar langsung sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu pembentukan rush yang baru. Pada beberapa orang, penyakit ini menghilang selama musim dingin, dimana terdapat sedikit matahari. Stress psikologi dan infeksi virus atau bakteri pada kulit juga dapa memicu timbulnya LED. LED tidal menular, penyakit ini tidak menular dengan kontak kulit atau berganti-ganti barang pribadi seperti handuk, sisir atau silet cukur.

Cara Mencegah Lupus

Ada. Berikut beberapa langkah untuk mencegah lupus, diantaranya :

  • Tidak Merokok

Asap rokok akan meningkatkan dan menjadikan gejala lupus semakin menjadi. Lebih baik jangan mejadi perokok aktif atau juga pasif saat Anda sudah terkena penyakit ini.

  • Berolahraga Secara Teratur

Dengan aktivitas ini, Anda akan menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, menambah adanya kekuatan otot, sampai mengatasi stres. Beragam khasiat dalam olahraga sangat dibutuhkan oleh pasien lupus. Namun, pilih jenis olahraga yang cocok dengan keadaan fisik.

  • Cukup Tidur

Cara mencegah lupus dengan selalu istirahat yang cukup. Tidur tujuh jam setiap malam. Istirahat dapat meredakan rasa lelah. Namun jika banyak tidur juga akan membuat tubuh lelah. Jangan memakan makanan berat saat akan tidur.

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Jangan selalu berada dalam paparan sinar matahari. Hal ini dapat meningkatkan gejala stroke. Jika keluar rumah lebih baik gunakan tabir surya yang memiliki SPF 30. Jangan sering terkena matahari saat jam 10 pagi sampai 16 sore. Gunakan baju lengan panjang, celana panjang, dan topi yang lebar saat keluar di siang hari.

  • Tutup Lampu Neon Dengan Pelindung

Hal ini karena lampu neon ternyata bisa mengandung sinar ultraviolet. Gunakan pelindung dengan teknologi nano dapat menjadi filter untuk sinar UV B dan UV C, dan UV A.

  • Hindari Infeksi

Obat-obatan tertentu yang biasanya dikomsumsi penderita lupus dapat menjadikan pasien lebih mudah terkena infeksi. Cuci tangan memakai sabun dan air hangat supaya bakteri atau virus hilang. Jangan menyentuh tangan, mulut, atau hidung memakai tangan yang kotor. Konsultasi dengan dokter jika ingin imuninasi atau vaksin.

  • Mandi Air Hangat

Pasien lupus biasanya akan mudah terkena nyeri otot dan sendi. Obat pereda nyeri dapat mengatasi keluahan ini. Namun cara mencegah lupus lebih baik dengan memakai cara alami yakni mandi air hangat atau berendam dalam air hangat. Melakukan yoga, tai chi, akupuntur, dan lainnya.

  • Jauhi Depresi

Pasien penyakit lupus biasa mudah terkena mood buruk. Namun selalu cari solusi supaya kesehatan mental Anda tidak terganggu. Lakukan meditasi, liburan dan lainnya.

  • Perhatikan Makanan Yang Dikomsumsi

Cara mencegah lupus dengan komsumsi makanan sehat seperti jenis buahan, sayuran, dan ikan. Kandungan minyak ikan memiliki asam lemak omega 3 yang meredakan peradangan. Jangan komsumsi makanan dengan kandungan alfafa seperti kecambah dan biji.

Sekian artikel mengenai penyebab lupus eritematosus diskoid dan cara mencegahnya. Seoma bermanfaat…

Penyebab Lupus Eritematosus Diskoid

Leave a Reply

*

1
×
Assalamu'alaikum.... ada yang bisa kami bantu ? :)