Penyebab Lupus yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Lupus yang Harus Anda Ketahui

Penyebab lupus – Penyakit LUPUS dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh.

Penyakit ini dapat mengenai semua lapisan masyarakat, 1-5 orang di antara 100.000 penduduk, bersifat genetik, dapat diturunkan. Wanita lebih sering 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun. Bangsa Afrika dan Asia lebih rentan dibandingkan kulit putih. Dan tentu saja, keluarga Odapus. Penyebab lupus ini karena adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres. Penyakit lupus ini justru kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya.

Penyebab Lupus yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Lupus yang Harus Anda Ketahui

“Penyakit Seribu Wajah” dan “Si Peniru Ulung”. Ini adalah julukan yang sering digunakan para ahli medis untuk menggambarkan Lupus, yaitu penyakit kelainan sistem kekebalan tubuh yang berbahaya dan sulit dideteksi ataupun didiagnosa. Pada pasien Lupus, produksi antibodi yang seharusnya normal menjadi berlebihan sehingga antibodi itu tidak lagi berfungsi menyerang virus, kuman, dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh, tetapi justru menyerang sel-sel dan jaringan tubuh yang sehat dari penderita lupus itu sendiri.

Penyebab Lupus adalah elemen yang belum jelas dan masih belum mampu di diagnosa secara positif oleh dokter. Kendati demikian, para ahli memperkirakan bahwa penyebab  lupus ini sangatlah kompleks serta secara umum merupakan campuran antara faktor genetik, lingkungan, pengobatan, hormon, serta masih banyak lagi. Kami, melalui artikel ini telah merangkum beberapa penyebab  lupus yang harus anda ketahui dan harus anda waspadai. Beberapa penyebab lupus tersebut diantaranya :

1. Penyebab genetika

Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa genetika merupakan sebuah faktor besar yang menjadi bagian dari penyebab lupus ini. Mereka mengatakan bahwa kecenderungan seseorang dengan riwayat penyakit lupus akan lebih tinggi dibandingkan  dengan orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit ini. Kendati demikian, bukan berarti jika keluarga anda ada yang terkena penyakit lupus, maka anda juga otomatis terkena penyakit itu.

2. Lingkungan sekitar

Para peneliti juga memberikan pengetahuan bahwa faktor lingkungan menjadi penyebab lupus. Beragam faktor lingkungan yang menjadi penyebab utama lupus adalah pancaran sinar  matahari yang amat tinggi, asap rokok, tingkat stress yang tinggi, zat yang tidak baik di dalam makanan, dan debu silica.

3. Hormon serta penyakit

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa terdapat korelasi antara hormon dan penyakit lupus. Sebagai contoh, terdapat penelitian yang menemukan sebuah korelasi antara peningkatan risiko lupus dengan tingkat estrogen yang tinggi. Kendati demikian, semuanya masih dianggap sebagai risiko dan bukan penyebab lupus yang utama.

4. Pengobatan

Pemberian obat dalam jangka panjang banyak diperkirakan menjadi bagian dari penyebab lupus. Oleh karena itu, untuk saat ini pengobatan alternatif merupakan pengobatan yang banyak dianjurkan dari pada pengobatan yang menggunakan obat kimia.

Itulah beragam penyebab lupus yang wajib untuk anda ketahui. dan harus anda waspadai. Kendati merupakan penyakit yang ganas, lupus bukanlah penyakit menular sehingga penderita penyakit lupus ini tidak perlu canggung apabila bergaul dengan orang lain.

Penyebab Lupus yang Harus Anda Ketahui

This entry was posted in Penyebab Lupus and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*